logo mrc-biru
logo mrc-putih

trouble umum pada mesin fotocopy

Table of Contents

Untitled-4-01-01

Mesin fotocopy merupakan barang elektronik sangat berguna dalam dunia percetakan untuk keperluan kantor, sekolah, dan lainnya. Banyak digunakan untuk keperluan cetak, copy scan maupun send. Sepeti halnya mesin elektronik lainnya tak luput dari trouble atau masalah, yang mana akan mengganggu aktifitas pekerjaan anda, namun anda tidak perlu panik karena tiap trouble pastinya punya penyelesaian ataupun cara pencegahannya yang mana dapat anda lakukan sendiri. Berikut beberapa trouble yang sering terjadi di mesin fotocopy.

1. PAPER JAM (kertas tersangkut)

Masalah yang sering ditemui dimesin fotocopy ataupun printer. Trouble ini terjadi pada saat proses cetak, menyangkut di dalam mesin.

Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu mengeluarkan kertas yang menyangkut dari mesin biasanya anda dapat membukanya melalui bagian kanan mesin. Perlu diperhatikan anda harus mengeluarkan seluruh kertas yang tersangkut jadi lakukan secara pelan-pelan agar kertas tidak sobek dan meninggalkan sisa  yang tersangkut.

Beberapa cara menhindari paper jam adalah dengan memperhatikan jenis kertas (tidak kusut, sobek, lembab ataupun basah) juga pastikan kertas pada tray tersusun secara rapi.

2. Hasil bergaris atau bintik hitam pada hasil cetak.

Hasil salinan yang bergaris ataupun bintik ini bisa terjadi oleh banyak hal, umumnya terjadi karena terdapat debu atau kotoran pada scanner ataupun kerusakan pada fuser.

Untuk mengatasinya anda bisa mencoba membersihkan kaca scanner anda. Cara pencegahannya anda perlu memperhatikan tempat menaruh mesin fotocopy di tempat yang bersih, juga melalukan pembersihan secara berkala.

3. Cartridge atau Toner Bermasalah

Kerusakan atau masalah yang terjadi pada cartridge atau toner mesin fotocopy Anda dapat menyebabkan hasil cetak dokumen menjadi tidak maksimal atau tidak bisa cetak.

Umumnya terjadi kareana ketidaksesuaian cartridge dan toner dengan model mesin fotocopy Anda, atau bisa terjadi karena toner yang tinggal sedikit atau bahkan kosong.

4. Hasil Cetak Terlalu Gelap,terlalu terang ataupun blur.

Masalah ini bisa saja terjadi karena kesalahan pengaturan pada mesin atau juga kualitas toner yang kurang baik.

Hal pertama yang bisa Anda coba lakukan adalah mengatur ulang pengaturan density pada mesin fotocopy Anda. Namun jika hasil cetak masih belum kembali normal, coba lah untuk mengganti toner Anda dengan yang baru.

sewa

fotocopy baru mulai
RP. 399rb /bulan
  • copy, print & scan warna
  • free servise & maintance
Popular

POSTINGAN TERPOPULER

Contact Us!