logo mrc-biru
logo mrc-putih

INKJET VS LASERJET

Table of Contents

bg-wp-laser-ink-01

Bagi pengguna printer mungkin sudah tidak asing dengan Inkjet dan Laserjet. Deskripsi singkat, Inkjet dan Laserjet adalah teknologi cetak pada sebuah mesin cetak, lalu apakah perbedaannya?

Inkjet adalah teknologi yang mengaplikasikan tinta dengan penyemprotan yang dilakukan oleh cartridge, sedangkan Laserjet adalah teknologi yang mengaplikasikan tinta bubuk (toner) dengan sinar laser kecil.

Umumnya teknology Laserjet digunakan di mesin fotocopy sedangkan Inkjet banyak digunakan pada printer, namun kini juga banyak printer dengan teknologi Laserjet.

Kualitas cetak?

Untuk cetak teks dokumen keduanya memiliki tampilan yang sama bagus, tapi untuk cetak gambar, Laserjet lebih unggul dalam segi detailing. Dari kualitas cetak Laserjet selain hasil cetak lebih bagus juga mempunyai ketahanan yang lebih bagus, tidak mudah luntur ataupun pudar.

Kecepatan cetak apakah sama?

Ini juga ciri yang mudah dikenali, printer Laserjet mempunyai kecepatan lebih tinggi dibanding Inkjet. Contoh jika Inkjet mampu mencetak 20 halaman permenit makan Laserjet dapat mencetak dua kalinya atau lebih.

Awet mana?

Untuk jangka panjang dengan jumlah cetak tinggi Laserjet lebih direkomendasikan, karena toner mampu mencetak dalam jumlah banyak yang penggunaannya lebih awet dibanding tinta karena lebih sering isi ulang tinta.

Perawatan mudah mana?

Dari banyaknya review mesin inkjet lebih mudah dirawat karena kita cukup membersihkan fisiknya saja, juga kita perlu rutin menggunakannya supaya tinta cartridge tidak mengering. Sedangkan untuk laserjet jika sudah mengalami trouble akan lebih susah untuk diperbaiki sendiri, biasanya membutuhkan bantuan dari teknisi.

Apakah harganya sama?

Dalam pembahasan singkat sebelumnya Laserjet mempunyai kualitas yang bagus karenanya harganya pun lebih mahal dibandingkan Inkjet, baik itu harga mesin, cartridge ataupun tinta.

Mana yang lebih cocok?

Ada kelebihan dan kekurangan dari tiap mesin, seperti :

Inkjet hargannya lebih murah, perawatan mudah, namun tidak cocok untuk pekerjaan cetak dengan volume tinggi. Mesin Inkjet cocok untuk printer rumahan, atau kantor kecil yang mana kebutuhan cetak tidak tidak terlalu tinggi.

Laserjet mempunyai kualitas cetak dan jumlah volume cetak tinggi, namun harganya lebih mahal. Mesin lebih cocok untuk perkantoran atau bisnis yang mana kecepatan, kualitas dan volume cetak menjadi salah satu faktor penting.

masih bingung atau ingin konsultasi mesin? MRC menyediakan beberapa mesin fotocopy dan printer merek terbaik, mesin warna maupun hitam putih.

anda merasa pemakaian tinta anda boros? tenan karena MRC juga menyediakan beberapa tinta dan toner original dan refill.

sekian sharing singkat kali ini sampai jumpa 🙂

 

sewa

fotocopy baru mulai
RP. 399rb /bulan
  • copy, print & scan warna
  • free servise & maintance
Popular

POSTINGAN TERPOPULER

Contact Us!