logo mrc-biru
logo mrc-putih

Tips Memilih Mesin Fotocopy

Table of Contents

mrc-bg-copier-use-machine-bz01-01-01

Mesin fotocopy merupakan produk elektronik dengan banyak manfaat, di era digital sekarangpun aktifitas pemberkasan media cetak masih tidak akan hilang, seperti aktifitas pemberkasan dokumen dan pangarsipan membutuhkan cetak, copy, scan dan send dokumen. Oleh karena itu mesin fotocopy sangat bermanfaat dan penting terutama untuk perkantoran maupun bisnis.

Mesin fotocopy memang memiliki harga yang lumayan, sehingga Anda tentu tidak ingin bukan salah dalam membeli?

Untuk itu MRC dikesempatan kali ini akan memberikan beberapa tips dalam memilih mesin fotocopy 

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Pertama fungsi apa saja yang anda butuhkan, mesin fotocopy sekarang sudah multifungsi, bisa copy, print dan scan. Beberapa yang perlu diperhatikan yaitu seperti :

1) Jenis copy dan print, apakah anda butuh copy warna, scan warna atau hanya hutuh hitam putih saja.

2) Ukuran kertas, ukuran kertas apa saja yang sering anda butuhkan

3) Apakah Anda membutuhkan fitur tambahan tertentu, seperti menangani ukuran kertas yang berbeda, konektivitas wifi, bisa fax atau mencetak dengan finishing tertentu?

2. Berapa besar siklus kerja bulanan anda?

Siklus kerja atay duty cycle adalah jumlah maksimum cetak yang bisa dilakukan mesin fotocopy tanpa mengalami kerusakan atau error. Contoh, jika mesin fotocopy memiliki duty cycle 10.000, maka anda dapat mencetak hingga 10.000 tanpa mengalami trouble, jika telah melewati batas duty cycle maka akan mempengaruhi usia pakai komponen.

Oleh karena itu coba perkirakan berapa jumlah cetak kantor anda dalam satu bulan.

3. Perhatikan spesifikasi dan fitur

Seperti halnya produk elektronik lainnya, mesin fotocopy juga memiliki spesifikasi yang berbeda di tiap seriesnya. Beberapa spesifikasi yang perlu diperhatikan :

1) Copy speed/kecepatan cetak

Apakah anda butuh kecepatan tinggi untuk produktifitas anda? Semakin tinggi PPM semakin cepat pula kecepatan copy dokumen anda.

2) Resolusi

Untuk fotocopy warna merupakan spek terpenting, resolusi menentukan hasil cetak anda, semakin tinggi resolusi semakin jelas dan bagus hasil cetak anda.

3) Jenis Tray dan kapasitas kertas

Jenis Tray jumlah tray lebih dari satu membuat anda lebih efisien saat anda ingin mencetak dengan ukuran kertas yang berbeda, Kapasitas kertas yang besar juga membuat anda tidak terlalu sering mengganti kertas.

4) Automatic Document Feeder (ADF)

Fitur ADF memungkinkan proses menyalin berjalan secara otomatis. Anda hanya perlu menaruh semua dokumen yang ingin anda cetak di ADF tanpa perlu menaruh di scanner satu persatu. Fitur ini akan sangat meningkatkan efisiensi kegiatan operasional kantor Anda.

4. Perhatikan penyedia sparepart atau service mesin anda

Adakalanya mesin anda perlu perawatan (maintance) ataupun service, oleh karena cek terlebih dahulu apakah dikota anda terdapat jasa service untuk mesin anda, sehingga anda tidak perlu menunggu terlalu lama mesin anda diperbaiki dan dapat cepat digunakan kembali.

Itu beberapa tips memilih mesin fotocopy, mungkin masih ada beberapa pertimbangan anda untuk memilih mesin fotocopy, tetapi tenang saja karena MRC akan membantu anda dibidang fotocopy. Kami menyediakan jasa terlengkap mulai sewa, penjualan, service dan penyedia spare part dengan distribusi luas di Indonesia.

 

sewa

fotocopy baru mulai
RP. 399rb /bulan
  • copy, print & scan warna
  • free servise & maintance
Popular

POSTINGAN TERPOPULER

Contact Us!